Kami menyebut alat undian yang satu ini dengan istilah wartel, yes, wartel, masih ingat nggak sama istilah di tahun 90-an itu ? Wartel adalah singkatan dari Warung Telekomunikasi, yaitu tempat yang disediakan oleh layanan jasa telekomunikasi telepon umum yang ada didalam bangunan. Didalam wartel biasanya ada kamar kamar, dulu sih kita sebutnya dengan nama KBU atau Kamar Bicara Umum, nah didalam kamar ini kita biasanya nelpon orang. Alat undian yang satu ini, nggak jauh beda dengan kamar – kamar tadi, baik secara bentuk maupun ukuran 🙂
Alat Undian yang nama aslinya Cash Cube ini, adalah sebuah konsep dimana pengundian hadiah menjadi sesuatu yang menarik untuk ditonton, bukan cuma oleh mereka calon pemenang undiannya, tapi juga mengundang rasa penasaran bagi orang lain yang ada di lokasi acara pengundian. Mereka yang akan mengundi hadiah, akan masuk ke dalam kamar, dimana didalam kamar, sudah tersedia tumpukan kupon undian atau uang kertas yang nanti akan diambil oleh peserta sesaat ketika angin kencang akan meniupkan kertas – kertas undian tadi. Pada saat kertas tadi terbang, proses pengundian secara resmi akan dimulai oleh peserta yang akan berusaha untuk mendapatkan satu atau beberapa kertas / uang kertas tadi.
Mengenai mekanisme pengundian dengan menggunakan alat ini, kita bisa melakukan beberapa versi yang berbeda, tergantung dari apa hadiah yang akan kita tempatkan di bagian bawah kamar itu. Misalnya kupon undian dan kita sedang mencari 5 orang pemenang, maka, orang yang akan mengundi hadiah, harus mengambil sekaligus lima. Kemudian, bisa juga, misalnya, kita akan membagi – bagikan uang senilai Rp. 100juta, tapi, orang yang berhak untuk masuk ke dalam, harus bisa mengambil uang sebanyak mungkin namun dalam durasi waktu yang sudah kita batasi, maka, apakah orang itu akan berhasil mendapatkan Rp. 100juta ? Tidak! Apalagi kalau waktunya cuma 1 menit, dan pecahan nominal uang didalam kamar tadi adalah pecahan Rp. 20ribu 🙂 Semenit ya paling dapat ratusan ribu, tapi setidaknya panitia yang mengadakan undian, bisa dong mengklaim bahwa mereka mengadakan acara pembagian hadiah Rp. 100 juta ?? Biar lebih provokatif dan tentu saja jadi lebih menarik.